Senin, Oktober 26, 2009

Kadis PUTR, Ir Ismoenandar diperiksa di Polres Pangkep

Terkait Dugaan Penyalahgunaan Anggaran 1 M

PANGKEP MEMILIH- Kadis Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Ir Ismoenandar, Senin 26 Oktober (hari ini) akan menjalani pemeriksaan di Mapolres Pangkep. Pemeriksaan ini terkait dugaan penyalahgunaan anggaran pembangunan Kantin dan Musala DPRD Pangkep tahun 2008.

Polres Pangkep melakukan pemeriksaan setelah reaksi masyarakat Pangkep yang mendesak penegak hukum mengusut proyek yang diduga bermasalah. Kasat Reskrim AKP Syukri Abham kepada fajar mengatakan Kadis PUTR akan menjalani pemeriksaan, esok. Pemeriksaan ini sebagai proses penyelidikan indikasi mark-up anggaran musala dengan total anggaran satu miliar.

"Ini baru penyelidikan apakah terjadi tindak pidana korupsi ataukah tidak. Jadi baru sekadar dimintai keterangan," terang Syukri di Mapolres Pangkep, Minggu 25 Oktober. Sebelumnya, Kasubdin Bina Teknik
dan Jasa Konstruksi Dinas PUTR, Agus Salim telah menjalani pemeriksaan terkait kasus yang sama. Namun, Syukri belum berani membeberkan hasil pemeriksaan pejabat teras dalam lingkup Dinas PUTR.

"Kita belum berani mengambil kesimpulan, pastinya pak Agus kita telah periksa dan kita akan lanjutkan kasusnya jika terbukti adanya penyalagunaan anggaran yang merugikan negara," ungkap Syukri Abham.

Di tempat terpisah, ketua Ascumindo Muhammad Aryad Yunus mendesak Bupati Pangkep Ir Syafrudin Nur MSi mengevaluasi kinerja Kadis PUTR yang telah melakukan banyak kesalahan. Banyaknya proyek bermasalah tegas dia, paling parah adalah proyek pengairan Tombolo yang menggunakan dana stimulus yang anggarannya sudah cair di tangan kontraktor sedangkan lahannya tidak tersedia.

"Jika kesalahan SKPD adalah tanggung jawab SKPD, maka kewajiban bupati untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pimpinan SKPD. Kalau perlu memberikan sanksi keras sebagai efek jera bagi pimpinan SKPD yang lain yang meyalagunakan jabatan," tegas Arsyad.

Jika bupati tidak melakukan evaluasi kata Arsyad, maka tingkat kepercayaan akan kepemimpinan bupati akan menurun dalam pandangan publik.

Syamsul: Kadis PUTR Telah Minta Maaf

Kepala Dinas Sosial Syamsul Ibadi Anis menyayangkan pernyataan Kadis Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang (PUTR) Ir Ismoenandar yang menuding anggaran yang digunakan dalam lanjutan pembangunan kantin dan musala DPRD pangkep bersumber dari anggaran sosial.

Komentar yang dimuat di Fajar edisi Selasa 20 Oktober, ia anggap pembohongan publik dan menciderai dirinya dan instansi yang dipimpinnya. Pernyataan inipun sempat membuat hubungan dua pimpinan SKPD itu renggang.

"Anggaran sosial dari mana. Anggaran pokok sudah sangat jelas pengalokasiannya, sedangkan anggaran perubahan belum dibahas sampai sekarang. Jadi kalau dibilang anggaran dari sosial, itu tidak benar,"
kesal Syamsul, Sabtu 24 Oktober di sela pemaparan visi dan misi Ir

Syafrudin Nur di hadapan pengurus Partai Bintang Reformasi (PBR). Namun ia mengaku Ir Ismoenandar telah meminta maaf atas kekeliruan dalam mengeluarkan pernyataan. Walau demikian, permintaan maaf tidak berarti karena telah terekspos oleh media. (slm)

6 komentar:

Warga Pangkep mengatakan...

aduuuuuuuh!!!! lagi-lagi kasus korupsi

Unknown mengatakan...

Ketika kita dihadapkan dgn persoalan seperti itu maka siapa yang akan kita salahkan.kesalahan yang telah diperbuat oleh pimpinan SKPD dalam hal ini Ir.M.ISMUNANDAR tentunya tdk terlepas dari Bapak BUPATI yang mendatangkan/mengimpor pejabat dari luar kabupaten Pangkep.lalu dgn sikap yg ditunjukkan oleh ISMUNANDAR setelah terdesak pd saat pemeriksaan di MAPOLRES Pangkep dgn mengeluarkan pernyataan yang memojokkan salah satu pimpinan SKPD yakni Dinas SOSIAL adalah tindakan yang tidak terpuji dan sangat kurang ajar.itu pertanda bahwa dia tdk bertanggungjawab dan indikasi cuci tangan.apalagi yang dipojokkan adalah putra DAERAH Pangkep bapak SYAMSUL ABADI ANIS sungguh sangat kurang ajar dan saya setuju dengan komentar Bapak ARSYAD YUNUS Supaya bapak BUPATI segera menindaki ISMUNANDAR Bila perlu kembalikkan saja kedaerahnya,masih banyak stock kalau hanya sekelas ismunandar. Seperti safei,surya darma dan agussalim. Kt tdk ingin terulang hal seperti itu saling tuding antar pimpinan

Warga Pangkep mengatakan...

Persoalannya, Pak Ismundar itu tangan kanannya Bupati sejak beliau masih di Asisten II di Kotamadya Makassar. Pasti deh dibela habis-habisan

Anonim mengatakan...

HARUSNYA BUPATI PNGKEP MILIH DAN MEMILAH SIAPA TAU PEJABAT YANG BAPAK ANGKAT NANTI HANYA MENCARI KEUNTUNGAN DIPANGKEP

Anonim mengatakan...

HARUSNYA BUPATI PNGKEP MILIH DAN MEMILAH SIAPA TAU PEJABAT YANG BAPAK ANGKAT NANTI HANYA MENCARI KEUNTUNGAN DIPANGKEP

Bayu Lebond mengatakan...

btw...pangkep itu didaerah mana ya...sorry